Lomba Animasi Penyelarasan Pendidikan dengan Dunia Kerja Dibuka

23 Jun 2011

Tim Penyelarasan Pendidikan dengan Dunia Kerja mengadakan Lomba Nasional Pembuatan Klip Animasi Edukasi dengan tema “Keselarasan Pendidikan dengan Dunia Kerja”. Kegiatan yang bertajuk Edunimasi Festival 2011 ini berada di bawah koordinasi Dirjen Pendidikan Anak dan Usia Dini, Nonformal dan Informal Kemdiknas, khususnya Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka menyosialisasikan program penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja.

Tim Penyelarasan berpusat di Kemdiknas, namun dalam pelaksanaannya, mereka berada di 16 kementerian lain yang memiliki fungsi pendidikan. Di antaranya Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Tim Penyelarasan Pendidikan dengan Dunia Kerja telah melakukan analisis kebutuhan pasar antara permintaan dengan ketersediaan tenaga kerja. Para lulusan diharapkan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja,” ujar Wartanto, Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan Dirjen PAUDNI Kemdiknas, dalam jumpa pers di Gedung C Kemdiknas, (22/6). Wartanto menjelaskan, tim tersebut baru bekerja pada akhir 2009, dan sekarang telah menghasilkan buku panduan serta pedoman lain dalam usaha menyelaraskan pendidikan dengan dunia kerja.

Kemudian tahun ini tim mulai membuat program kegiatan yang lebih teknis, salah satunya dengan Lomba Animasi Edukasi (Edunimasi). Pemetaan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa teknologi informasi menjadi salah satu kebutuhan utama di berbagai institusi tempat bekerja. Pertimbangan itulah yang melatarbelakangi diadakannya Lomba Animasi Edukasi dengan tema penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja.

Lomba ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu siswa SMK, siswa Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), dan mahasiswa. Untuk siswa SMK, syarat minimum klip adalah animasi dua dimensi, sedangkan untuk siswa LKP dan mahasiswa adalah animasi tiga dimensi. Klip berdurasi selama 120 detik, dan elemen animasinya harus mengandung nilai ke-Indonesia-an, dengan genre bersifat bebas. Bisa bergenre petualangan, sains fiksi, aksi, persahabatan, atau kehidupan sehari-hari. Total hadiahnya mencapai 190 juta rupiah.

Pengiriman karya paling lambat diterima panitia dalam bentuk DVD, pada 7 September 2011 (bukan cap pos). Seluruh wujud karya juara akan menjadi milik Kementerian Pendidikan Nasional, dan akan ditayangkan di media elektronik nasional, sehingga dapat menjadi media sosialisasi penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan awareness dan sense of belonging di kalangan pemangku kepentingan dalam program penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja. Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknis lomba animasi edukasi ini, bisa dilihat di www.edunimasi.com.


TAGS


-

Author

Follow Me