Gerakan Internet Sehat Dimulai Dari Yang Terdekat

17 Oct 2010

Berdasarkan data kemenkominfo, data pengguna internet di dunia pada tahun 1998 adalah tidak lebih dari 200 Juta orang. Namun pada tahun 2009, data pengguna membengkak menjadi 1.56 milliar pengguna. Di USA: 30% remaja pernah mengalami pelecehan seksual via internet, hanya 7% yang melapor ke orang tuanya.

Bagaimana dengan perkembangan internet di Indonesia?

Menurut sumber yang sama, pada tahun 2009 pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 10,5 % dari populasi yakni 25 Juta Orang. Penggguna paling dominan adalah remaja. Pengguna facebook 11,7 juta orang, sedangkan blogger 700 ribu orang. Dipastikan saat ini perkembangannya jelas lebih cepat lagi dengan semakin mudahnya akses internet. Wow, Sungguh fantastis bukan?

Internet bagaikan pisau bermata dua. Padanya terdapat berjuta-juta website yang bermanfaat sehingga internet seringkali disebut sebagai perpustakaan paling lengkap di dunia. Namun, internet juga mengandung isi-isi yang merugikan dan berbahaya bagi kita dan keluarga kita. Nah, tentunya kita semua tidak ingin orang-orang yang kita sayangi terjerumus dalam sisi gelap internet bukan?

Sebagai seorang guru, saya ingin anak-anak saya melek IT. Mereka tidak boleh ketinggalan, mereka bisa belajar banyak dari internet. Namun ada cerita yang cukup memilukan buat saya. Ketika para siswa saya beri tugas untuk mencari informasi tentang pelajaran IPS di internet, saya banyak mendengar keluhan dari anak-anak. Mereka tidak diperbolehkan berinternet oleh orang tuanya. Alasannya adalah orang tua mereka takut nantinya anaknya akan terjerumus ke dalam dampak negatif internet, apalagi pada waktu itu sedang maraknya kasus penculikan yang konon disebabkan facebook.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, alhamdulillah di madrasah saya telah terkoneksi internet menggunakan speedy. Sehingga ketika saya kasih tugas internet, mereka cukup ngenet di komputer sekolah dan tidak perlu cari info di luar / di warnet. Namun, kendala tidak berhenti sampai disini. Minimnya jumlah komputer sungguh sangat menghambat sekali pemanfaatan internet di madrasah. Waktu itu masih 3 unit komputer yang terkoneksi internet. Tapi tidaklah mengapa, yang penting mereka mengenal apa itu internet dan tidak gaptek.

Langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah memberikan pelatihan kepada anak-anak tentang pemanfaatan internet secara sehat dan aman. Pelatihan tersebut saya berikan pada saat kegiatan pondok ramadhan 1431 H di madrasah tempat saya bertugas. Pelatihan tersebut saya sajikan dengan menggunakan powerpoint yang telah saya buat sebelumnya. Alhamdulillah banyak dari mereka yang akhirnya mengerti tentang manfaat dan dampak negatif apa saja yang didapatkan dari internet. Setelah pelatihan, mereka diperkenankan untuk online. Tentu saja komputer di madrasah telah saya proteksi, yakni dengan dns nawala. Sehingga mereka bisa berinternet dengan aman.

Nah, itulah sedikit gerakan internet sehat yang telah saya lakukan. Tentu saja dimulai dari yang terdekat baik itu keluarga, teman, ataupun murid kita dan yang terpenting adalah diri kita sendiri. Saya yakin kita semua pasti bisa. Semoga dengan artikel ini bisa sedikit memberikan semangat kita untuk selalu melakukan gerakan yang positif. Internet Sehat bikin Hebat!

Materi pelatihan bisa diunduh disini (Power point)

Berikut beberapa foto pelatihan

[gallery]



TAGS Festival BLOG 2010


-

Author

Follow Me